Abira Massi Veritas odit moras.

Seberapa Pentingkah Money Tracking?

1 min read

Money Tracking

Money Tracking adalah sebuah kegiatan yang dilakukan dengan cara mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan harian yang kita lakukan setiap harinya. Kegiatan ini udah gue lakuin sejak usia 17 tahun (sekarang 19), karena kebetulan sudah lepas secara finansial dari orang tua sejak umur 16 tahun (kelas 11), membuat gue harus memiliki budget planner untuk kedepannya. So, ga boleh asal hambur-hamburin uang.

Mungkin mencatat cash flow lebih disarankan kepada orang yang sudah kerja atau berpenghasilan (IMO), tapi kalo yang belum berpenghasilan udah money tracking sejak dini, lebih bagus sih.

Manfaat Melakukan Money Tracking Harian

Setelah setahun lebih nyatet pengeluaran dan pemasukan setiap hari, ini beberapa manfaat yang gue dapat setelah melakukan kegiatan ini.

Menghargai Uang

Sebelum melakukan kegiatan ini, gue sering banget ngeluarin uang yang fungsinya bukan untuk kebutuhan. Ngerasa nyesel waktu udah dibeli, kadang beli barang yang-bener bener useless, sampe harus ngedonasi barangnya karena memang tak terpakai sama sekali. 

Semenjak sering mencatat pengeluaran, sekarang kalo mau beli barang apapun udah mikir 2x sebelum check out. Bukan pelit sama diri sendiri, cuma lebih “bijaksana” aja ngeluarin duitnya, karena nyari uang itu ga gampang. Fun fact, pemasukan gue mayoritas dari blog komersial. 😀

Menambah Wawasan Finansial

Mencatat setiap pengeluaran secara detail membuat kita lebih berhati-hati saat membelanjakan uang, kita jadi paham bagian mana kebutuhan dan yang mana keinginan. Kita jadi bisa lebih mengutamakan kebutuhan primer daripada sekunder.

Mencegah Miskin

Unpopular opinion, walau kedepannya nanti jadi miskin beneran T_T, setidaknya ada pencegahan sebelum itu terjadi, atau setidaknya mengulur waktu saat kejadian tersebut menimpa kita (semoga ga terjadi sih).

Bagaimana Cara Mencatat Cash Flow?

Kalian bisa menggunakan buku catatan keuangan pribadi, mencatat menggunakan Excel, atau yang ingin lebih mudah, kalian bisa mengunduh aplikasi yang tersedia di Playstore maupun Appstore pada smartphone kalian, kebetulan gue make aplikasi Wallet yang developer-nya BudgetBakers, kalian bisa mengunduhnya melalui link di bawah ini.

Seberapa Pentingkah Money Tracking?

Sangat penting, mencatat daily expenses merupakan salah satu kegiatan manajemen keuangan. Orang sukses memiliki manajemen waktu dan keuangan yang baik. Jika keuangan dalam satu tahun terakhir surplus dan kita bisa melihatnya, akan menimbulkan kesenangan tersendiri 😄. Semoga di masa depan punya istri yang ngelakuin hal begini, hahaha.

Fun fact: gue bayar parkir juga dicatet.

Sumber: diolah dari berbagai sumber.

Abira Massi Veritas odit moras.

Leave a Reply

Your email address will not be published.